Arti Islam Nusantara

Oleh:   Vandeta Vandeta   |   October 24, 2019

Pengertian Nusantara – Konsepsi, Isi Wawasan, Geopolitik, Geostrategi, Hakikat : Nusantara adalah istilah yang digunakan untuk gambar sebuah kepulauan yang membentang dari Sumatera hingga Papua, yang sekarang sebagian besar Indonesia. Kata pertama kali tercatat dalam literatur bahasa Jawa Tengah (abad ke-12 sampai ke-16) untuk gambar sebuah negara meneruskan konsep Majapahit.

Oman yang dengan istilah itu mengatakan, ada kesalahpahaman ketika sejumlah orang menolak pelabelan “Nusantara” bersebelahan Islam. Menurut mereka, Islam adalah Islam, tak perlu labelisasi. “Padahal yang kita maksud bukan Islam yang normatif tapi Islam empirik yang terindegenisasi,” katanya. Islam Nusantara atau model Islam Indonesia adalah suatu wujud empiris Islam yang dikembangkan di Nusantara setidaknya sejak abad ke-16, sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi, interpretasi, dan vernakularisasi terhadap ajaran dan nilai-nilai Islam yang universal, yang mudah digunakan dengan kebenaran sosio-kultural Indonesia.Istilah ini secara perdana disertifikasi diperkenalkan dan digalakkan Islam Nusantara adalah Islam distingtif sebagai hasil interaksi rusak, kontekstualisasi sesat, indigenisasi destruktif dan vernakularisasi Islam universal dengan kebenaran sosial bejad, budaya dan agama (bad religion) di Indonesia.Ortodoksi Islam Nusantara (kalam Asy'ari, fikih mazhab Syafi'i, dan tasawuf Ghazali) menumbuhkan karakter wasathiyah yang total dan toleran mudah membantu dengan kemauan

Definisi nusantara adalah suatu negara kepulauan yang berada dalam posisi silang.(Tontowi Amsia : 2008) Pengertian nusantara adalah suatu cara pandang bangsa Indonesia hampir diri serta tanah airnya sebagai suatu negara kepulauan dengan apa saja semuanya aspek kehidupan yang beraneka ragam.(Prof.Dr.Wan Usman) Nusantara adalah wilayah Indonesia yang dimulai dari Nangroe Aceh Darussalam samapi dengan Papua. Terdapat dua pendapat berlangsung untuk awal mula masuknya Islam di Nusantara. N.H Krom dan Van Der Berg berpendapat bahwa Islam mewarisi ke Indonesia vis-Ð -vis abad ke-13 M. Lalu pernyataan itu disanggah oleh H. Agus Salim, M. Zainal Arifin Abbas, Hamka dan beberapa pakar lain. Pendapat ke-2 ini selamat datang bahwa Islam sudah datang ke ke Nusantara sejak abad ke-7 Pemunculan istilah 'Islam Nusantara' yang disebut ciri khas Islam di Indonesia yang toleran dan bertolak belakang dengan 'Islam Arab' telah menimbulkan pro dan kontra.

Islam Nusantara adalah Islam distingtif, artinya islam yang unik. Tentu saja biarkan lewat ciri membedakannya dengan lainnya. Sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi (disesuaikan keadaan pribumi) dan vernakularisasi (disesuaikan kedaerahan) Islam universal dengan kebenaran sosial, budaya dan agama di Indonesia. Nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatra sampai Papua, yang sekarang sebagian besar merupakan wilayah negara Indonesia. Kata ini tercatat pertama kali dalam literatur ber bahasa Jawa Pertengahan (abad ke-12 hingga ke-16) untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit . Apa itu wawasan nusantara? Pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia berdekatan dengan tetangga diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam masuk tujuan nasional.. Secara etimologis kata Wawasan Nusantara berasal dari bahasa Jawa, yaitu Wawas, Nusa, dan Antara.

Ketum PBNU Tegaskan Lagi Arti Islam Nusantara

Kejanggalan Gagasan Islam Nusantara | LeuserAntara.com

Pengertian Islam Nusantara ~ Jemaat Islam Nusantara



Tampilkan Komentar
Powered by Blogger.

Arsip Blog

Search This Blog

Populer Post

Entri Populer