Islam Nusantara Menurut

Oleh:   Vandeta Vandeta   |   November 14, 2019

Islam Nusantara atau model Islam Indonesia adalah suatu wujud empiris Islam yang dikembangkan di Nusantara setidaknya sejak abad ke-16, sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi, interpretasi, dan vernakularisasi bersebelahan ajaran dan nilai-nilai Islam yang universal, yang mudah dipahami dengan kepastian sosio-kultural Indonesia.Istilah ini secara perdana didukung diperkenalkan dan digalakkan

Menurut Oman, Islam Nusantara ada namun minim data thabaqat (biografi) yang komprehensif para tokoh muslim Nusantara setidaknya sejak abad ke-16. Hal ini berbeda dari fakta yang ada di Arab dan Persia, yang mengakibatkan bangunan sejarah keduanya kejam kokoh lantaran kekayaan sumber literasi tentang itu. KOMPAS.com - Masuknya Islam ke Nusantara atau Indonesia belum diketahui secara pasti. jumlah besar yang berpendapat masuknya Islam di Nusantara tidak lepas adanya jalur perdagangan di Selat Malaka.. kelimpahan kapal-kapal dagang muslim yang datang dan singgah di Nusantara. Adanya interaksi antar pedagang dari penjuru dunia dengan intensitas tinggi, memunculkan beragam teori mendekati persidangan masuknya Dalam tulisan itu, dikutip definisi istilah ‘islam nusantara’ menurut Azyumardi Azra. Dia mengatakan, “Islam Nusantara adalah Islam distingtif sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi dan vernakularisasi Islam universal dengan realisme keaslian sosial, budaya dan agama di Indonesia.

Islam Nusantara malah mereduksi makna Islam itu sendiri”. Demikan di antara ungkapan ketidaksetujuan atas penggunaan istilah Islam Nusantara yang jumlah besar beredar di media sosial. Alasan ini pula yang menjadi salah satu pertimbangan MUI Sumbar yang baru-baru ini mengakui tidak perlunya Islam Nusantara berada di wilayah Sumatera Barat. “Islam kita adalah Islam Nusantara, Islam yang penuh sopan santun, Islam yang penuh tata krama, itulah Islam Nusantara, Islam yang penuh toleransi,” kata Presiden Jokowi. Tentu saja, Konsep Islam Nusantara ini mendapatkan jumlah besar tanggapan dan penghargaan dari kalangan tokoh dan masyarakat terlebih para ulama yang selalu mendakwahkan islam. Syiah Sumber Kegaduhan Diindonesia Indonesia semenjak dipimpin Ir.Joko Widodo kelimpahan menimbulkan kegaduhan terutama kerukunan berkilau beragama dan tagihan sosial.Selain itu orang-orang tak berbakat mewarisi di kabinet, sehingga indonesia semakin amburadul.

Pengertian Nusantara – Konsepsi, Isi Wawasan, Geopolitik, Geostrategi, Hakikat : Nusantara adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kepulauan yang membentang dari Sumatera hingga Papua, yang sekarang sebagian besar Indonesia. Kata pertama kali tercatat dalam literatur bahasa Jawa Tengah (abad ke-12 sampai ke-16) untuk menggambarkan sebuah negara berbicara dengan konsep Majapahit. Definisi nusantara adalah suatu negara kepulauan yang berada dalam posisi silang.(Tontowi Amsia : 2008) Pengertian nusantara adalah suatu cara pandang bangsa Indonesia mengenai sehubungan dengan diri serta tanah airnya sebagai suatu negara kepulauan dengan apa pun aspek kehidupan yang beraneka ragam.(Prof.Dr.Wan Usman) Nusantara adalah wilayah Indonesia yang dimulai dari Nangroe Aceh Darussalam samapi dengan Papua. Supaya lebih jelas, yuk simak penjelasan tentang 4 teori masuknya Islam ke Nusantara. Pedagang Arab (sumber: tugassekolah.com) Para dipraktikkan sejarah setuju 4 teori bagaimana prosedur masuknya Islam ke Nusantara. Masing-masing teori dijelaskan berdasarkan rentan waktu yang berbeda.

Mengenal Istilah “ISLAM NUSANTARA”, Konsep dan polemiknya

Islam Nusantara Menurut Mama DEDE - YouTube

Islam Nusantara Menurut Mbah Turkani - YouTube



Tampilkan Komentar
Powered by Blogger.

Arsip Blog

Search This Blog

Populer Post

Entri Populer